Udha Furniture


"JASA DESAIN INTERIOR & PRODUKSI FURNITURE"
Office. Jl. Mustang No.10 RT.1/RW.1, Kel. Putat Jaya - Kec. Sawahan, Surabaya - 60255, Jawa Timur - INDONESIA.
Phone. (+62)896-8565-7012

UDHA FURNITURE LOCATION

Minggu, 05 Agustus 2018

PELUANG MEMBUKA SUATU USAHA


Ide Peluang Membuka Usaha Modal Kecil

Yang  Menjanjikan di Tahun 2018

Oleh : Yudha Marwan (08/2018)
Pemilik Usaha/Bisnis

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha, namun seringkali terbentur modal

Ada banyak alasan mengapa orang ingin membuka usaha atau memulai bisnis sendiri. Ada yang mulai merasa bosan menjadi pekerja kantoran, ada juga yang ingin mengembangkan hobi yang dimiliki menjadi bisnis yang menguntungkan. Ada pula yang niatnya untuk menambah penghasilan keluarga.
Namun, seringkali keinginan tersebut harus dipendam terlebih dahulu karena terkendala banyak hal, salah satunya modal untuk memulai dan menjalankan usaha di awal. Modal menjadi momok yang seringkali menghambat kreatifitas dan keberanian banyak orang untuk memulai bisnis mereka sendiri. 

Sebenarnya modal bukanlah halangan besar untuk memulai usaha. Karena saat ini ada begitu banyak peluang usaha bermodal kecil yang bisa dipilih.

"Yang terpenting adalah menyiapkan rencana bisnis yang matang dan menyiapkan diri sendiri agar tidak terjebak mental blocking yang bisa menghambat eksekusi rencana usaha yang sudah dibuat."

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda yang ingin memulai usaha :
 6 Hal Penting yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Usaha
Sebelum menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai bisnis tersebut. 
Bagaimana prospeknya, tingkat kemudahan dalam menjalankan usahanya, jika bisnis tersebut terkait dengan supplier maka harus memastikan bahwa supplier tersebut dapat dipercaya dan produknya bisa dipertanggungjawabkan.
2.    Melakukan riset pasar
Riset pasar sangat diperlukan agar Anda mengetahui kondisi bisnis tersebut. Diantaranya bagaimana kebutuhan pasar terhadap produk/jasa yang akan Anda tawarkan, siapa yang butuh produk/jasa Anda, apakah ada perusahaan lain yang menawarkan produk/jasa sejenis, bagaimana tingkat kompetisinya, dan bagaimana Anda akan masuk ke pasar tersebut.
3.    Membuat perencanaan usaha yang matang
Membuat business plan atau perencanaan usaha yang matang bisa membantu kita meminimalisir resiko yang akan dihadapi. Diantaranya, memastikan jenis usaha yang akan dilakukan, produk/jasa yang akan dipasarkan, harga produk, permodalan, lokasi tempat usaha, maupun strategi promosinya, dan juga strategi distribusinya. Yang paling penting adalah target yang ingin dicapai dari bisnis yang dijalankan dan cara untuk mencapainya. Bisa dikatakan, business plan merupakan cetak biru dari usaha yang akan dilakukan. Business plan ini akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan usaha nantinya. 
4.    Merencanakan permodalan
Tak peduli kecil maupun besar bisnis yang akan Anda jalankan, tetap saja membutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Sebaiknya Anda membuat perencanaan secara detail biaya-biaya yang mungkin muncul, seperti biaya untuk mengurus perizinan (jika perlu), biaya untuk membeli peralatan, biaya riset pasar, biaya sewa tempat, biaya branding, biaya tenaga kerja, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul. Akan lebih baik jika Anda menyiapkan modal selama 12 bulan awal. Tentu saja biaya-biaya yang muncul akan sangat berbeda antara jenis bisnis satu dengan yang lain. Anda tinggal menyesuaikan dengan jenis bisnis yang akan Anda garap.
Menentukan dan menyiapkan lokasi usaha sangat penting agar Anda memiliki gambaran bagaimana binis tersebut akan dijalankan. Apakah akan menggunakan salah satu ruangan di rumah sebagai basis usaha, ataukan menyewa tempat usaha di luar akan menentukan bagaimana bisnis Anda akan berjalan. Mempertimbangkan kesesuaian usaha dan lokasi akan membantu meminimalisir berbagai resiko yang mungkin akan timbul. 
6.    Menyiapkan tim kerja yang hebat
Tim kerja yang hebat menjadi salah satu pilar yang akan menentukan keberhasilan bisnis Anda di awal. Luangkan waktu sejenak untuk mengkalkulasi kebutuhan SDM. Posisi apa saja yang diperlukan, dan bagaimana Anda akan mengatasi kebutuhan SDM tersebut. Bahkan jika pada akhirnya Anda memilih untuk mengerjakan semuanya sendiri atau dengan bantuan anggota keluarga, kejelasan job desc akan membantu menstrukturkan kerja Anda yang pada akhirnya akan membantu Anda mencapai target yang ditetapkan.
Itulah 6 (enam) tips yang perlu dipikirkan sebelum memulai usaha.

“Semoga dapat bermanfaat untuk kesuksesan Anda dalam Memilih, Membuka atau sedang Menjalankan sebuah Usaha/Bisnis”

Tidak ada komentar:

FILOSOFI TAHUN BARU 2019

Catatan U-dha Furniture by. Yudha Marwan, ST. Bukan Sekadar Perayaan, Ternyata Ini 5 Filosofi Tahun Baru Jangan hanya...