Udha Furniture


"JASA DESAIN INTERIOR & PRODUKSI FURNITURE"
Office. Jl. Mustang No.10 RT.1/RW.1, Kel. Putat Jaya - Kec. Sawahan, Surabaya - 60255, Jawa Timur - INDONESIA.
Phone. (+62)896-8565-7012

UDHA FURNITURE LOCATION

Sabtu, 14 April 2018

MENGAPA SUATU PROYEK BISA JADI GAGAL..???

Owner of  Udha Furniture
Mengakui bahwa "Mengapa Suatu Proyek Bisa Gagal..??"

..."Sebagian besar yang terjadi atau satu-satunya alasan mengapa kita tidak senang atau kecewa adalah karena hasil dari suatu harapan yang tidak terpenuhi..."

Luangkan waktu sebentar untuk memikirkan hal itu. Pikirkan kembali beberapa hari terakhir tentang hal-hal yang menyebabkan perasaan kecewa ini muncul.

Berikut beberapa kekecewaan dari diri saya :
  • Saya kecewa, menyadari bahwa meja kursi yang ingin saya kerjakan di halaman belakang rumah saya ternyata lebih sulit dari yang saya kira.
  • Frustrasi ketika seorang kontraktor membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menerima penawaran jasa dari saya.

Memiliki harapan lebih pasti akan mengarah pada kekecewaan. Karena ketika harapan Anda tidak terpenuhi, Anda pasti akan kecewa. 

Mari kita lihat lagi situasi seperti point di atas tadi !!!!

Semua kejadian di atas, dan saya berharap Anda pun menemukan sesuatu yang serupa. Maka akan bisa di simpulkan :
...bahwa sebagian besar kekecewaan Kita ini adalah karena harapan tentang apa yang Kita pikirkan ternyata berbeda dengan apa yang sebenarnya terjadi...  

Tentang Seorang Klien yang Kecewa
Sekarang, pikirkan kembali penyebab salah satu klien/konsumen Anda kecewa atau tidak puas dengan hasil pekerjaan Anda. 

Pasti hal ini dikarenakan : 
  • Sesuatu datang terlambat. Atau salah. Atau rusak.
  • Faktur biaya tagihan mereka melebihi dari yang mereka perkirakan.
  • Ada tenggang waktu pekerjaan 12 - 16 Minggu.  
  • Mereka tidak tahu Anda dikenakan biaya untuk si X atau si Y dll.  
  • Seorang pekerja meninggalkan jejak sampah/kotoran di seluruh rumah mereka.
  • Anda tidak memberi mereka cukup pilihan dalam presentasi/pilihan desain.
  • Anda memberi mereka pilihan di luar anggaran mereka. Atau Anda tidak memberi mereka opsi "toleransi/pilihan".

Semua situasi ini menyebabkan kekecewaan atau ketidak-senangan karena seorang klien mengharapkan hasil yang berbeda dari yang mereka dapatkan. Ini dapat menyebabkan proyek menjadi menurun atau lebih buruk dan dapat dikatakan GAGAL.  

Kadang-kadang Anda tidak dapat melakukan apa-apa tentang harapan seorang klien, mereka mungkin tidak dapat mengatakan kepada Anda atau mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki harapan akan tetapi tidak terpenuhi. 

Tetapi Anda lebih percaya bahwa ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatur bisnis Anda dengan benar sehingga Anda dapat mengatur suatu harapan dari klien Anda !!!

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Kegagalan Suatu Proyek..???

Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan adalah mengatur harapan yang benar untuk klien serta tindak lanjutnya. Ini bisa dilakukan pada saat berbicara dengan klien di awal proyek. 

contohnya sbb :

..."Saya telah melakukan ini untuk waktu yang lama dan dalam kurun waktu itu, saya belum pernah melihat proyek yang tidak memiliki hambatan. Saya memberitahu ini agar Anda tidak terkejut ketika hal itu terjadi. Tapi jangan pernah kuatir, ketika itu terjadi, Kami Udha Furniture akan mengatasinya dengan cepat dan akan menemukan solusi terbaik untuk Anda."...  

Hal lain yang bisa sangat membantu adalah menanyakan kepada klien apakah mereka pernah bekerjasama dengan Jasa Desainer sebelum Kita dan bagaimana cara kerjanya. Biasanya, dengan begini mereka/klien akan berbagi apa yang benar atau salah dan akan mengekspos beberapa harapan mereka bekerjasama dengan Kita.

Demikian sekilas tentang pengalaman saya tentang Mengapa Proyek Saya bisa Gagal..?? Semoga tulisan diatas dapat dipakai sebagai acuan untuk kedepan proyek akan berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan dari Klien/Konsumen Kita.

Salam Sukses Selalu.
Living Your Dreams to The Real Life

Yudha Marwan
Owner of
Udha Furniture



Tidak ada komentar:

FILOSOFI TAHUN BARU 2019

Catatan U-dha Furniture by. Yudha Marwan, ST. Bukan Sekadar Perayaan, Ternyata Ini 5 Filosofi Tahun Baru Jangan hanya...