Udha Furniture


"JASA DESAIN INTERIOR & PRODUKSI FURNITURE"
Office. Jl. Mustang No.10 RT.1/RW.1, Kel. Putat Jaya - Kec. Sawahan, Surabaya - 60255, Jawa Timur - INDONESIA.
Phone. (+62)896-8565-7012

UDHA FURNITURE LOCATION

Kamis, 29 Maret 2018

Merintis Usaha Sendiri..??


Inilah Modal yang Harus Kita Miliki


Sukses Menjadi Seorang WIRAUSAHAWAN :

Menjadi pribadi yang sukses dan merdeka secara finansial merupakan satu hal yang selalu menjadi dambaan setiap orang. Oleh karena itulah, banyak orang yang mencoba merintis usaha sendiri agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidup dan juga dapat menggapai apa yang ia dambakan.

Bosan dengan rutinitas sebagai pekerja dan gaji seadanya, seringkali menjadi alasan utama kenapa banyak karyawan yang mencari aktivitas lain diluar pekerjaan utamanya. 

Merintis dan mengembangkan usaha sendiri, seringkali menjadi solusi untuk bisa keluar dari zona nyaman sebagai pegawai perusahaan. Meski menjadi pengusaha bukanlah perkara yang mudah, namun banyak orang yang mengingikan dirinya menjadi seorang pengusaha.

Minimnya pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis, seringkali menjadi kendala utama untuk bisa menjadi majikan bagi diri sendiri. Meski demikian, seiring berjalannya waktu, dengan keberanian untuk terus mencoba, berbagai kendala akan dapat teratasi dengan baik.

Perlu diketahui, untuk bisa memulai merintis usaha sendiri memang sangat dibutuhkan “BANYAK MODAL”. 

Diantaranya adalah :

1. Niat yang kuat

Merintis usaha sendiri harus memiliki niat yang kuat. Niat yang kuat adalah modal utama untuk merintis bisnis.

Segala sesuatu tergantung dari niat, begitupun dengan harapan untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Anda akan menjadi apa yang Anda pikirkan, itu jika memiliki niat yang kuat. Keyakinan akan terwujudnya harapan di masa yang akan datang, bisa menjadi modal terbesar dalam merintis usaha sendiri.

Niat dan keyakinan ini penting. Menjalani kehidupan sebagaI wiraswasta akan selalu muncul berbagai kendala dan permasalahan yang harus dihadapi dengan secantik mungkin. 

Saat terjatuh akan banyak orang pergi, tak peduli, saat sukses akan banyak orang mencari. Untuk itulah sebagai pengusaha harus kuat sejak dalam niat, “Bersatu teguh, Sendiri tetap tangguh”.

2. Perencanaan usaha

Membuat rencana yang matang untuk merintis usaha sendiri. Rencana yang baik adalah rencana yang dapat dilakukan/dilaksanakan.

Gagal dalam membuat rencana berarti merencanakan kegagalan. Buatlah rencana bisnis yang realistis, kongkrit, spesifik, dan terukur. Hal ini bertujuan agar apa yang direncanakan benar-benar bisa terlaksana sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Perencanaan usaha disini bisa berupa rencana produk/jasa yang akan dijual, target pasar, sisitem produksi, manajerial usaha, dan target-target yang harus dicapai dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Ide bisnis memang banyak, namun dalam perencanaan usaha sesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas yang Anda miliki. Jangan terlalu memaksakan mengerjakan sesuatu yang anda sendiri tidak mengetahui atau pahami. 


3. Sumber modal (finansial)

Ilustrasi modal usaha. Mendirikan usaha sekecil apapun, secara langsung maupun tidak, tetap akan membutuhkan modal berupa uang. Besar kecilnya nominal yang dibutuhkan tergantung usaha apa yang akan dijalankan. Untuk bisnis online misalnya, setidaknya Anda juga harus menyiapkan modal untuk membeli pulsa.

Solusinya? Ada banyak sumber modal yang bisa Anda akses untuk menjalankan usaha. Meski demikian usahakan untuk memliki persediaan/tabungan yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan dalam merintis usaha. 

4. Waktu

Manfaatkan waktu dengan baik. Waktu adalah uang. Jargon inilah yang sering digunakan oleh para pengusaha untuk dapat mengoptimalkan waktu mereka. Sekecil apapun waktu yang Anda miliki, jangan sia-siakan untuk melakukan sesuatu yang tidak produktif.

Habiskan waktu untuk berpikir dan bertindak. Jika Anda masih berstatus sebagai karyawan, pandai-pandailah membagi waktu antara pekerjaan dan usaha yang akan dijalankan.

5. Fokus, fokus, fokus

Cara menentukan target pasar perusahaan. Peluang usaha itu banyak, ide bertebaran dimana-mana, bahkan kadang potensi pada diri seseorang juga melimpah, namun perlu diingat. Anda tidak akan bisa mengejar dua kelinci sekaligus.

Untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses, pilih salah satu usaha yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan paling optimal dalam diri Anda.

Fokus pada satu bidang pekerjaan, target pasar yang spesifik, produk yang unik, dan strategi yang cantik, maka usaha yang dirintis akan dapat bergerak lebih efektif-efisien.

Lakukan riset pasar dan cari tahu apa yang diinginkan konsumen, dari situ Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan.

6. Delegasi

Delegasikan untuk bisa merintis usaha sendiri. Jangan ragu untuk mendelegasikan tugas pada orang terpercaya.

Menjadi pengusaha itu tentang pengelolaan berbagai sumber daya, salah satunya adalah sumber daya manusia. Jika anda masih bekerja sebagai kayawan, tidak ada salahnya jika Anda mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang dipercaya.

Mendelegasikan pekerjaan pada orang lain yang lebih berpengalaman bisa menjadi cara menghemat tenaga, waktu dan pikiran. Orang yang dipercaya ini bisa bekerja secara freelance atau menggunakan tenaga outsourching untuk membantu pekerjaan Anda.

7. Jaringan

Tempat-place pemasaran. Merintis usaha sendiri tidak berarti Anda harus berjalan sendiri. Mempunyai jaringan yang luas adalah investasi penting. Perbanyak pertemanan Anda, mulai dari sesama pengusaha, para produsen yang bisa mendukung bisnis, maupun para konsumen.

Dari jaringan yang ada, Anda bisa belajar banyak hal tentang usaha yang sedang Anda rintis. Dari orang-orang yang mengerti tentang bisnis, bertukar pengalaman akan menciptakan ide-ide segar maupun solusi alternatif dalam menghadapi kendala dalam usaha.

SALAM SUKSES !!!
Owner of Udha Furniture

Living Your Dreams NOW !!! and You will see something amazing in the future...




2 komentar:

YTW mengatakan...

Good Tobe Great. 👍🏻

udha furniture mengatakan...

Thx yaa pak Yoki....
Kapaaann nih saya jadi diajak bekerja ikut bapak???
he...he......

FILOSOFI TAHUN BARU 2019

Catatan U-dha Furniture by. Yudha Marwan, ST. Bukan Sekadar Perayaan, Ternyata Ini 5 Filosofi Tahun Baru Jangan hany...