Udha Furniture


"JASA DESAIN INTERIOR & PRODUKSI FURNITURE"
Office. Jl. Mustang No.10 RT.1/RW.1, Kel. Putat Jaya - Kec. Sawahan, Surabaya - 60255, Jawa Timur - INDONESIA.
Phone. (+62)896-8565-7012

UDHA FURNITURE LOCATION

Jumat, 27 Mei 2011

DESAIN INTERIOR MINIMALIST & FURNITURE PILIHAN ANDA

U-DHA FURNITURE
Interior Design and Furniture Minimalist Production
Salah satu pendekatan desain terhadap mebel dan interior, yang relatif bertahan hingga kini, populer dengan sebutan minimalis. 


Gagasan ini sebenarnya telah dirintis sejak akhir abad ke-19, antara lain terlihat pada gerakan estetik De Stijl di Belanda dan sekolah Bauhaus, Jerman, pada tahun 1920-an.

Minimalis tak hanya ditemukan pada zaman modern. Berbagai kebudayaan tradisional dunia memiliki tradisi menciptakan benda fungsional dengan bentuk dan tingkat kerumitan sederhana, tetapi kualitasnya tinggi. Bentuknya pun indah karena tercipta dari upaya memenuhi fungsi.

Dalam mebel modern yang berkarakter dan berbentuk minimalis, segala ornamen hiasan menjadi benda ”haram”. Bahkan beberapa elemen tambahan, yang sebelumnya dianggap fungsional, dicari cara agar dapat ditiadakan dengan mengganti dari bagian struktur atau bentuk.

Misalnya, laci dibuka dan ditutup dengan ditarik dan didorong lewat sesuatu yang kecil, tetapi memungkinkannya dioperasikan. Pegangan pintu lemari atau laci dibuat dalam berbagai bentuk dan warna, selain karena fungsi untuk membuka-tutup daun pintu atau laci, juga menjadi satu-satunya hiasan perabot modern. Orang juga membuat lekukan pada sisi bagian depan atas/bawah laci agar pegangan dapat dihilangkan dan laci jadi ”bersih”.

Ketika hiasan dihilangkan sama sekali, lalu apa elemen estetis mebel minimalis? 

Para perintis desain modern mengajak orang mengapresiasi sesuatu yang dihadirkan oleh karakter permukaan material secara jujur dan apa adanya.

Desain yang bersih hiasan memberi keleluasaan visual sekaligus spasial. Material (alam) yang dipakai sebagai bahan baku mebel memiliki kualitas estetika sendiri, tanpa perlu diberi ukiran yang malah menghilangkan ”jati diri” materialnya.

Keindahan dititipkan pada bentuk sederhana, permukaan material apa adanya, didukung komposisi estetik yang diterapkan pada desain tersebut. Serat kayu yang meliuk-liuk di permukaan diolah agar muncul menjadi kekayaan visual.

Interior yang dilengkapi mebel modern minimalis menciptakan suasana lega, lapang. Ruang yang terbatas menjadi nyaman karena obyek visual minim. Mata juga tak diganggu dengan bentuk dan detail yang rumit. 

Konon, ruang bergaya minimalis dapat menjadi terapi jiwa bagi penghuni-nya...















Owner of 
Udha Furniture


Living Your Interior Design Dreams Come True 
with The Minimalist Furniture Production

1 komentar:

Unknown mengatakan...

agar tampilan furniture anda mewah, aplikasikanlah dengan water coating

FILOSOFI TAHUN BARU 2019

Catatan U-dha Furniture by. Yudha Marwan, ST. Bukan Sekadar Perayaan, Ternyata Ini 5 Filosofi Tahun Baru Jangan hanya...